BERBAKTILAH ENGKAU KEPADA SESAMA INSAN
" Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan " Kunjungi Website kami di: www.silat-beksi.com

03 April 2007

Memperingati Maulid Nabi SAW

Memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW

PERAYAAN Maulid Nabi Muhammad saw. setiap tahun telah mengubah makna hakiki dari Maulid Nabi itu sendiri. Pasalnya banyak masyarakat Muslim yang memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya menjurus kepada bid'ah, seperti mengunjungi makam-makam yang dikeramatkan, meminta berkah kepada selain Allah SWT, khurafat, dll.
Seperti kita ketahui, Nabi Muhammad saw adalah manusia biasa, namun beliau diberikan keistimewaan oleh Sang Khalik berupa mukjizat yang luar biasa yakni Alquran, yang di dalamnya berisi ajaran sempurna berupa peraturan yang mencakup seluruh aspek kehidupan. Para sahabat dan keluarga beliau, baik pada masa jahiliah maupun pada masa Islam tidak pernah merayakan kelahiran beliau (Maulid Nabi saw.), sekalipun mereka sangat mencintai dan menyayangi beliau.
Sebuah hadis menyatakan: "Sesungguhnya akhlaknya adalah Alquran." (H.R. Ahmad). Katanya hadis tersebut menuju kepada Nabi Muhammad saw. Dengan demikian bisa kita pahami bahwa hakikat dari Maulid Nabi Muhammad adalah meneladani perilaku beliau, baik perilakunya kepada Allah SWT, perilakunya kepada dirinya sendiri, keluarga, maupun masyarakat.
Adapun cara memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. yakni dengan cara mengamalkan seluruh isi Alquran yang tidak hanya menyangkut ibadah ritual dan akhlak semata, tetapi mencakup seluruh perilakunya, mulai dari akidah dan akhlaknya, makanan/minuman, pakaian dan akhlaknya; hingga berbagai muamalah yang dilakukannya seperti dalam bidang ekonomi, sosial, politik, pendidikan, hukum, dan pemerintahan, yang semuanya sesuai dengan syariat Islam.
Wallahu'alam bish shawab.

No comments: