BERBAKTILAH ENGKAU KEPADA SESAMA INSAN
" Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan " Kunjungi Website kami di: www.silat-beksi.com

13 May 2009

HUT IPSI yang ke-60

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-60, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) akan menyelenggarakan Festival Pencak Silat yang akan berlangsung di Padepokan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Kegiatan ini akan digelar tanggal 14 hingga 17 Mei mendatang, sementara HUT IPSI sendiri jatuh pada 18 Mei 2008.

Sekjen PB IPSI Erizal Chaniago, di Jakarta, mengatakan, Festival Pencak Silat tahun ini dipusatkan di Padepokan TMII. Event ini, menurut Erizal, menarik karena tradisi pencak silat dari seluruh Indonesia akan ditampilkan. Bagi yang belum pernah melihat tradisi dari Aceh, akan ditampilkan debus yang unik, kata Ical, panggilan akrab Erizal.

Debus biasa kita kenal berasal dari Banten, tapi Aceh juga memiliki tradisi yang sama. Namun, ada yang unik dalam peragaan nanti. Kita akan menyaksikan dalam festival nanti, selain dari Aceh juga dari daerah lainnya yang jarang kita lihat. Berbagai aliran perguruan akan muncul dalam festival yang akan berlangsung selama empat hari itu, tutur Erizal Chaniago.

Erizal mengatakan, selain Festival Pencak Silat, juga akan berlangsung Seminar Nasional Bela Diri Negara tanggal 18 Mei 2008 di tempat yang sama. Dalam seminar sehari itu akan hadir Panglima TNI Djoko Santoso sekaligus yang akan membukanya. Selain itu Gubernur Lemhanas Muladi, Menegpora Adhyaksa Dault, dan Ketua Umum KONI Pusat Rita Subowo.

Peran pencak silat sangat erat kaitannya dalam upaya mempertahankan negara. Karena itu, kali ini seminar mengambil tema 'Peran Aktif Pencak Silat dalam Bela Negara', ucap Erizal menambahkan.

Dalam memperingati HUT ke-60 IPSI, panpel juga menggelar Sarasehan Pencak Silat dan Pers tanggal 16 Mei 2008. Pada sarasehan itu akan dibahas pemahaman dan istilah-istilah pencak silat, sejarah pencak silat, dan peran pencak silat dalam perjuangan bangsa. Selain itu, juga peran pers terhadap kemajuan pencak silat di masa mendatang. (Syamsudin W)

Sumber : suarakarya-online.com & Silatindonesia


No comments: