BERBAKTILAH ENGKAU KEPADA SESAMA INSAN
" Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan " Kunjungi Website kami di: www.silat-beksi.com

22 June 2006

SEJARAH SINGKAT PPS BEKSI

Ilmu Seni Bela Diri BEKSI berawal/berasal dari Negeri China yang dibawa pertama kalinya ke Indonesia (Batavia.red) oleh seorang guru keturunan China yang bernama “Alm. Lie Ceng Oek” yang bermukim dan bertempat tinggal di daerah Dadap, Tangerang.

Beliau mempunyai beberapa orang murid, salah satunya adalah "Alm. Ki Marhali" yang merupakan asli keturunan warga Betawi yang tinggal tidak jauh dari tempat Lie Ceng Oek berada.
Seiring dengan berkembangnya waktu, Ki Marhali juga mengembangkan dan mengajarkan seni Ilmu Bela Diri BEKSI. Diantara murid yang belajar dari Ki Marhali adalah "Alm. H. Ghazali" yang bertempat tinggal di daerah Petukangan, Jakarta Selatan.
Sebagaimana para pendahulunya H. Ghazali juga mengajarkan ilmu seni bela diri yang beliau miliki kepada para pemuda sekitar tempat beliau berada. Salah satu murid yang menimba Ilmu Seni Bela Diri BEKSI adalah "Alm. H. Hasbullah" yang juga bertempat tinggal di daerah Petukangan, Jakarta Selatan.
Di tangan Alm. H. Hasbullah inilah mulai terlihat perkembangan seni Bela Diri BEKSI. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya para anggota murid yang datang dari berbagai daerah untuk belajar dan menimba Ilmu Bela Diri BEKSI.
Dari silsilah yang tersebut diatas, maka ke empat orang inilah yang diakui oleh anggota Perguruan Pencak Silat BEKSI serta para komunitas masyarakat hingga kini sebagai para Tokoh sekaligus Guru Besar Perguruan Pencak Silat dan Seni Ilmu Bela Diri
BEKSI.

No comments: