BERBAKTILAH ENGKAU KEPADA SESAMA INSAN
" Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan " Kunjungi Website kami di: www.silat-beksi.com

22 June 2006

MUKADDIMAH

Seni Ilmu Bela Diri BEKSI adalah salah satu nama dari Perguruan Persilatan tradisional komunitas masyarakat Betawi. Secara Etimologi, BEKSI adalah kosakata yang diadopsi dari bahasa Cina yang berarti: “Pertahanan Empat Penjuru”.
Adapun singkatan serta kepanjangan BEKSI adalah:

“Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan”


Ilmu Bela diri BEKSI merupakan ilmu bela diri tradisional yang merupakan elemen dari kebudayaan masyarakat Betawi yang dibawa oleh para keturunan bangsa China dan diexplorasi dan dikembangkan dilingkungan komunitas masyarakat Betawi.


Ilmu Bela Diri BEKSI adalah ilmu bela diri yang memadukan antara seni, keindahan, ketepatan dalam mencapai sasaran, kekuatan, kecepatan serta kedinamisan dalam gerak dan olah pukul yang serta sikut yang keras. Kesemuanya itu terangkum dan tertata secara apik melalui dimensi gerak, pukulan serta sikut yang keras yang merupakan ciri khas tersendiri yang membedakan ilmu bela diri BEKSI dengan ilmu bela diri lainnya.


Perguruan Pencak Silat BEKSI adalah: "sebuah elemen sekaligus lembaga kebudayaan masyarakat Indonesia yang kini bukan hanya milik dari komunitas masyarakat Betawi saja, akan tetapi sudah menjadi bagian dari kebudayaan Nasional yang juga merupakan kontribusi nyata dalam melestarikan dan membudidayakan serta memperkaya khasanah kebudayaan tradisional Indonesia".

Hal tersebut dibuktikan dari marak dan beragammnya para peminat dan pemerhati serta anggota yang memperdalam dan mempelajari Seni Ilmu Bela Diri BEKSI yang datang dari berbagai macam latar belakang pendidikan, kebudayaan dan bangsa seperti: etnis China, Sunda, Jawa, Sumatera dan berbagai macam suku bangsa yang ada di Indonesia. Bahkan terdapat salah satu anggota Perguruan Pencak Silat BEKSI yang berasal dari New Zealand dan Australia.

No comments: