BERBAKTILAH ENGKAU KEPADA SESAMA INSAN
" Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan " Kunjungi Website kami di: www.silat-beksi.com

04 October 2006

Promosikan Silat


Banyak yang bertanya, bagaimana sih mempromosikan pencak silat agar olahraga ini bisa sedikit populer dikalangan masyarakat, pertanyaan tersebut tentunya dapat dijawab dengan macam-macam solusi, asalkan sarananya memadai.
Kalau anda sering menonton televisi swasta kita sering menyaksikan iklan-iklan yang ditayangkan disela-sela acara yang sedang berlangsung. Salah satu iklan yang cukup menarik adalah iklan “Biskuat” dari Danone, mengapa begitu menarik, ternyata iklan tersebut mengilustrasikan seorang anak yang mampu melompat dengan gaya silat “Lompat macan” lengkap dengan guru dan temen-teman pesilat lainnya.
Bukankan ini hal yang cukup bagus, setidaknya Danone melalui biskuatnya memberikan gambaran silat yang selama ini memang jarang digunakan sebagai alat promosi dalam iklan, memberikan rasa percaya diri, bahwa silatpun masih bisa dijual dan memiliki daya tarik yang unik.
Tentunya kita turut mengucapkan terima kasih, karena masihTercatat pula beberapa iklan yang menggunakan latarbelakang silat untuk iklan-iklan yang pernah ditayangkan, ambil contohnya iklan rokok jie sam Soe, dan mungkin akan menyusul iklan-iklan lainnya.
Lalu bagaimana promosi melalui film laga, karena cara ini juga ampuh, lihat saja film mandarin ataupun film laga lainnya, dengan ciat..ciat dibeberapa layer lebar teryata sedikti banyak membuat olahraga beladiri ikut dikenal bahkan menjadi popular.
Walaupun beladiri yang ditampilkan di film laga tersebut lebih banyak menampilkan trik kamera untuk membuai penonton untuk tetap menyaksikan film tersebut. Namun focus jalan cerita tetap pada alur tentang beladiri tersebut. Tentunya penonton akan semakin tertarik dengan latarbelakang beladiri yang digunakan.
Tercatat banyak pula actor legendaries yang mengharumkan beberapa beladiri asia yang membuat masyarakat duniapun berbondong-bondong mengikuti les beladiri tersebut.
Lalu sejauh mana dengan film laga yang melukiskan beladiri silat, tentunya cukup banyak pula film-film tersebut diproduksi, namun unsur hiburannya memang lebih diutamakan dibandingkan teknik beladiri pencak silat yang sesungguhnya.
Orang awampun sebenarnya mengetahui betapa ampuhnya silat ini sebagai beladiri, namun berita dan informasi yang didapat kadang-kdang malah menjerumuskan masyarakat itu sendiri misalnya saja dengan banyaknya iklan beladiri dengan transfer ilmu yang hanya cukup satu kali latihan sudah bisa digunakan, atau dengan mantra-mantra yang harus diamalkan, coba perhatikan salah satu majalah mistik di Indonesia, lihat baik-baik beberapa iklan mengenai beladiri didalamnya.
Sialnya lagi-lagi silat menjadi olahraga yang tidak bisa dinalar oleh orang awam, karena orang beranggapan bahwa dengan silat maka orang jadi sakti, dengan silat orang tidak mempan dibacok alias kebal, dan ragam kesaktian lainnya. Padahal apakah dengan silat kita benar-benar bisa sakti, apakah tujuan utama mempelajari beladiri hanya untuk mencari kesaktian? Tentunya jawabannya ada di tangan anda.

No comments: