BERBAKTILAH ENGKAU KEPADA SESAMA INSAN
" Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan " Kunjungi Website kami di: www.silat-beksi.com

04 October 2006

Dari Ku Untuk Mu

BERIKAN YANG TERBAIK !!!

“Don’t ask what your country do you, but what I can do for The country”, berikut kalimat yang pernah dikatakan oleh mendiang John F. Kennedy kepada rakyatnya. Kalimat filosofi ini mengingatkan kepada kita begitu besarnya arti diri kita untuk mengangkat martabat bangsa melalui berbagai cara yang dapat kita lakukan, salah satunya adalah menggali potensi pencak silat dan segala aspek-aspeknya dalam membangun pribadi-pribadi yang unggul.
Untuk mencapai semua itu diperlukan peningkatan mutu pencak silat itu sendiri melalui berbagai cara, upaya untuk meningkatkan mutu pencak silat di Indonesia telah lama dilakukan. Berbagai kegiatan, dalam inovasi dan program yang telah dilaksanakan, salah satu kegiatan yang menjadi agenda rutin adalah mengadakan kejuaraan pada tingkat daerah maupun tingkat nasional, termasuk pembinaan pesilat dalam memenuhi peningkatan mutu sebagai program yang dilaksanakan.
Namun apakah cukup pembinaan dan pelatihan hanya ditujukan kepada pesilat olahraga prestasi saja, tentunya pencak silat harus dipandang luas sebagai olahraga, seni dan juga budaya.
Salah satu yang masih kurang terlihat adalah mengadakan kegiatan pelatihan kepada pesilat disegala aspek yang dikandung pencak silat, tujuannya adalah agar pesilat dapat memahami olahraga ini dalam berbagai sudut pandang.
Untuk meningkatan mutu pesilat dan juga tenaga pelatih diberikan berbagai pelatihan, peningkatan kualitas wawasan, serta pengadaan fasilitas lainnya. Selain itu dibutuhkan pula buku-buku dan referensi – referensi agar wawasan pesilat usia muda semakin bertambah.
Sementara itu indicator menunjukkan bahwa mutu pesilat masih belum meningkat secara sifnifikan, karena upaya pembibitan dikalangan remaja dan siswa sekolahpun saat ini menemui berbagai hambatan.
Rendahnya minat siswa untuk mengikuti kegiatan ini perlu juga dicari akar permasalahannya, namun yang tak disadari barangkali bahwa rendahnya minat siswa untuk mengikuti kegiatan pencak silat merupakan hasil dari suatu proses pemahaman yang tidak pas dan telah berlangsung cukup lama sehingga berangsur-angsur pemahaman yang kurang pas tersebut menjadi proses pembenaran yang nyata.
Disadari atau tidak kemerosotan mutu dan pembibitan pada siswa disekolah disebabkan pula pada kemerosotan mutu Perguruan silat dan wadah yang menampung aspirasi dalam mensosialisasikan kepada siswa sekolah dan masyarkat secara umum.
Fenomena yang muncul selama ini menunjukkan upaya peningkatan mutu selama ini dilakukan belumlah mampu memecahkan masalah yang mendasar, oleh sebab itu diperlukan langkan-langkah mendasar, konsisten, dan sistematis, serta secara berlahan mengangkat kembali pencak silat sebagai seni beladiri yang utuh bermartabat tinggi.
Diperlukan kesadaran bersama bahwa meningkatkan mutu pencak silat merupakan komitment untuk meningkatkan sumber daya manusia, baik sebagai pribadi, maupun sebagai modal dasar pengembangan wawasan yang luas kepada masyarakat dan pesilat itu sendiri. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan prinsip dasar yaitu sebagai upaya untuk memanusiakan manusia atau humanisasi.

No comments: