BERBAKTILAH ENGKAU KEPADA SESAMA INSAN
" Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan " Kunjungi Website kami di: www.silat-beksi.com

10 May 2010

Lestarikan Pencak Silat Betawi

Pencak Silat Betawi Harus Dilestarikan

Produk kesenian dan kebudayaan etnis Betawi saat ini mulai terpinggirkan. Perubahan zaman yang sudah mengglobal mengakibatkan warga Jakarta khususnya Betawi mulai melupakan kebudayaan tradisional yang sudah mengakar sejak lama.

Karena itu, perlu upaya yang komprehensif agar kebudayaan Betawi dapat dihidupkan kembali. Salah satunya perguruan silat Betawi.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan perguruan silat Betawi merupakan salah satu kebudayaan Betawi yang harus dilestarikan dan meneruskannya ke generasi muda.

"Kebudayaan Betawi harus kita lestarikan dan terus dikembangkan. Kita tentu tidak ingin pencak silat Betawi dilupakan orang," ujar Fauzi Bowo, di sela-sela acara pelantikan Perguruan Silat Pusaka Betawi di Lapangan SDN 01 Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minggu (25/2). Acara tersebut dihadiri sekitar 5.000 anggota persatuan silat Beksi, Kotek, Kronce Indonesia dan anggota IPSI serta Forum Komunikasi Betawi (Forkabi) DKI Jakarta.

Pencak silat tradisional ini, kata dia, bukan hanya ada di Jakarta, tapi juga sudah ada di beberapa negara seperti Eropa, Jepang, Rusia, dan bahkan sampai ke Amerika. "Yang mengembangkan semua itu adalah warga Betawi," kata Fauzi Bowo yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Pencak silat tradisional betawi ini sudah ada sejak dahulu, di mana para orangtua selain mengajar anaknya mengaji, juga mengajarkan bermain pukulan. "Pencak silat betawi ini, yang bermain hanya tangan. Makanya, dulu disebut bermain pukul," tuturnya.


Dalam kesempatan tersebut dia mengajak kepada masyarakat khususnya warga Betawi untuk terus berusaha mengembangkan budaya Betawi termasuk pencak silat. "Mudah-mudahan pencak silat Betawi ini bukan hanya ada di Indonesia, tapi juga berada di dunia internasional," harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC Forkabi Kecamatan Pesanggrahan Mulyadi mengatakan, Perguruan Silat Pusaka Betawi ini selain merupakan cikal-bakal pengurus IPSI juga merupakan salah satu kebudayaan Betawi yang harus dilestarikan. "Kita mempunyai kewajiban untuk melestarikan budaya itu," katanya.

Pihaknya, kata Mulyadi, juga sangat mendukung pencalonan Fauzi Bowo sebagai gubernur DKI Jakarta mendatang. Dia beralasan, selain Bnag Fauzi putra Betawi asli, dia juga sebagai putra terbaik dilihat dari pengalaman yang dimilikinya.

"Kami keluarga besar Forkabi Jakarta mendukung sepenuhnya Bang Fauzi menjadi gubernur DKI Jakarta mendatang," kata Jaani Tabah, Ketua Ranting Forkabi Kelurahan Ulujami.
 
sumber berita: BeritaJakarta

No comments: