BERBAKTILAH ENGKAU KEPADA SESAMA INSAN
" Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan " Kunjungi Website kami di: www.silat-beksi.com

14 July 2011

Event Edukasi

Mari Gemar Membaca

Pecinta buku di tanah air dihadapkan pada pesta akbar. Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses bahan bacaan dan mengkampanyekan gerakan baca serta menulis melalui Indonesia Book Fair (IBF) 2010 di Istora Senayan‚ Jakarta‚ 2-10 Oktober. IBF kali ini adalah hajatan ke-30. IBF telah menjadi agenda tahunan para bibliofil‚ pecinta‚ dan pengagum buku untuk berburu buku baru‚ maupun buku lama yang berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.
 
Dalam setiap penyelenggaraannya‚ IBF selalu mengangkat tema-tema kedaerahan sebagai bagian edukasi kepada pengunjung yang datang sekaligus menambah rasa nasionalisme. Pada IBF 2010 ini‚ tema yang diangkat adalah ”Menguak Cakrawala Bumi Parahyangan” sebagai bentuk apresiasi terhadap daerah Jawa Barat yang terkenal sebagai ”pabrik” sastrawan‚ seniman‚ dan budayawan terbesar di Indonesia.

”Para peserta pameran‚ di antaranya terdiri dari penerbit buku dari dalam dan luar negeri‚ serta media cetak dan perpustakaan dari berbagai instansi di Tanah Air akan menampilkan beragam buku. Para peserta IBF itu akan menyediakan produk dengan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat dengan diskon harga buku sampai dengan 70%‚” kata Direktur Eksekutif Ikapi‚ H.T. Bintoro.
Bintoro mengharapkan‚ IBF kali ini bisa menjadi one stop booktainment‚ pusat belanja buku terbesar dan terlengkap di Indonesia‚ serta pusat kegiatan literatur untuk berbagai kalangan yang dikemas secara menghibur dengan tetap mengutamakan nilai-nilai edukasi. IBF juga berusaha untuk menyatukan beberapa penerbit‚ penjual serta mendekatkan mereka ke pengunjung. Disamping itu juga memberi kesempatan kepada instansi atau perusahaan atau sekolah untuk melengkapi koleksi perpustakaan atau laboratoriumnya dengan buku-buku yang bermutu dari berbagai sumber.

Tak hanya pameran‚ IBF juga punya segudang agenda. Seperti bedah buku‚ Drop Your Books (sebuah program sumbang buku yang bertujuan untuk membantu sesama di daerah-daerah yang membutuhkan)‚ Lomba Mading Re-Cycle 3D (program dimana sekolah-sekolah akan berlomba membuat mading dengan tingkat kreatifitas yang beragam dengan menggunakan produk-produk hasil daur ulang)‚ Comic Workshop (acara yang akan mengajarkan bagaimana membuat komik yang dapat diterima oleh berbagai kalangan)‚ dan Talkshow.

No comments: