BERBAKTILAH ENGKAU KEPADA SESAMA INSAN
" Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan " Kunjungi Website kami di: www.silat-beksi.com

28 March 2012

PILKADA DKI Cari Pemimpin Sejati....


Pilkada DKI Jakarta yang digelar tahun ini dinilai lebih baik dibandingkan tahun 2007. Alasannya, karena bertabur kandidat yang berkualitas dan mempunyai peluang merata.

"(Banyak pasangan) Ini sangat bagus, membuat pemilu lebih kompetitif dan berkualitas. Karena akan terjadi kompetisi yang tidak monoton, tidak monopoli sebagaimana tahun 2007," kata pengamat politik dari Universitas Indonesia, Andrinof A Chaniago saat berbincang dengan detikcom, Rabu (21/3/2012).

Andrinof mengatakan tidak saja jumlah peserta yang lebih banyak dari pilkda sebelumnya sehingga memberikan pilihan alternatif yang banyak bagi masyarakat, tapi para kandidat yang bertarung juga mempunyai kemampuan intelektual dan kepemimpinan yang telah teruji.

Seperti diketahui, kandidat yang bertarung di pilkada DKI Jakarta terdiri dari dua orang gubernur (Fauzi Bowo dan Alex Noerdin), seorang wali kota (Jokowi), seorang eks bupati (Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok), seorang mantan ketua MPR (Hidayat Nurwahid), dua akademisi dan pakar ekonomi pembangunan (Faisal Basri dan Didik J Rachbini), tiga purnawirawan TNI (Nono Sampono, Nachrowi Ramli, dan Hendarji Supandji), dan seorang budayawan (Biem Benyamin).

Komposisi peserta pilkada demikian, kata Andrinof, telah memberikan warna kompetitif dalam pendidikan politik masyarakat Jakarta.

Bahkan Andrinof meyakini dengan komposisi peserta pilkada seperti ini bisa mengatrol naik partisipasi masyarakat untuk memilih.

"Memang sulit untuk mengukur mana yang berpeluang besar. Tapi bagusnya menyediakan banyak kanal sesuai dengan keragaman aspirasi. Sesuai dengan aspirasi yang berkembang. Dengan tersedianya saluran yang cukup, maka pemilih akan berpartisipasi," ucapnya.

Pemungutan suara pilkada DKI akan digelar 11 Juli 2012 mendatang. Jika terjadi dua putaran, putaran kedua digelar Agustus.

No comments: