BERBAKTILAH ENGKAU KEPADA SESAMA INSAN
" Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan " Kunjungi Website kami di: www.silat-beksi.com

02 March 2012

Ujian Kenaikan Tingkat Februari 2012

salam hormat Perguruan....

Sudah menjadi tradisi Perguruan Pencak Silat BEKSI dalam setiap tahunnya untuk mengadakan ujian kenaikan tingkat yang selalu menjadi agenda tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh anggota baik yang baru maupun yang lama. Hal ini selain sebagai sebagai sebuah kegiatan rutin yang wajib untuk di ikuti juga merupakan kegiatan yang unsurnya adalah peningkatan kreatifitas dalam bentuk kegiatan yang bertujuan utama memberikan motivasi dan apresiasi kepada para pesilat BEKSI untuk tetap semangat dan berupaya semaksimal mungkin dalam upaya dan pelestarian kesenian dan kebudayaan tradisional bangsa Indonesia yang juga merupakan unsur dari olahraga yang beraliran ilmu bela diri.

selain itu, tujuan mendasar diadakannya ujian kenaikan tingkat adalah sebagai barometer Perguruan Pencak Silat BEKSI dalam upaya evaluasi menyeluruh akan methode dan proses belajar mengajar yang ada dalam tubuh organisasi Perguruan Pencak Silat BEKSI. Hal tersebut sangat membantu para pelatih maupun asisten pelatih Perguruan Pencak Silat BEKSI dalam melihat langsung hasil upaya mereka dalam pengajaran yang diberikan apakah dapat diserap dan diterima dengan baik atau tidak oleh para peserta didik Perguruan Pencak Silat BEKSI.
 
Dan terbukti, syukur alhamdulillah,... dari periode ke periode, para peserta yang mendaftar dalam ujian kenaikan tingkat ini kian bertambah baik dalam segi kuantitas, juga kualitas dari para peserta yang ikut program kenaikan Tingkat Perguruan Pencak Silat BEKSI ini. Hal tersebut membuktikan kesadaran dan keterpanggilan para peserta didik akan pentingnya program kenaikan tingkat ini sebagai sebuah wacana dalam proses evaluasi belajar-mengajar sekaligus mengetahui tingkat serta daya serap para peserta didik agar dapat sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh Perguruan Pencak Silat BEKSI.

Dalam Ujian Kenaikan Tingkat ini, proses ujian dibagi menjadi 3 Rangkaian materi yang wajib dilalui oleh para peserta didik dalam mengikuti ujian Kenaikan tingkat yang diselenggarakan oleh Perguruan Pencak Silat BEKSI, diantara materi yang diujikan adalah sebagai berikut:
    • Materi Ujian Tulis
    • Materi Ujian Formasi ataupun Jurus yang dikuasai
    • Materi Makna dan artikulasi gerakan maupun Jurus 
    • Materi Kehadiran/Absensi Latihan
    • Materi Kegiatan yang diikuti para peserta didik

Untuk acara Kenaikan Tingkat diadakan pada:
    • Hari                : Minggu
    • Tanggal          : 15 Februari 2012
    • Waktu            : Pukul 08.00 - 12.00 W.I.B
    • Bertempat     : SMA Putra Satria- Unilever, Jakarta Selatan
Pada kesempatan penyerahan sertifikat hasil Ujian Kenaikan Tingkat ini, diadakan dan diselenggarakan di: 
    •  Hari                : Minggu
    •  Tanggal          : 22 Februari 2012
    •  Waktu            : Pukul 08.00 - 12.00 W.I.B
    •  Bertempat     : G.O.R Arrayan-Pondok Aren, Tangerang Selatan
Alhamdulillah, Kegiatan Kenaikan Tingkat Perguruan Pencak Silat ini berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Walaupun Pada awal mulanya suasana sekitar lokasi di dera oleh hujan deras, tapi lagi-lagi hal tersebut tidak menyurutkan langkah kaki para pesilat BEKSI untuk datang ke lokasi memenuhi panggilan kegiatan Kenaikan Tingkat Perguruan Pencak Silat BEKSI. 

Besar harapan kami, kegiatan demi kegiatan yang lain juga dapat terselenggara dengan baik dan lancar sesuai dengan harapan kita semua. Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwasanya bukan tidak mungkin apabila kita punya keinginan yang kuat dan ketulusan dan keikhlasan untuk tetap berupaya melestarikan dan menumbuhkembangkan seni budaya silat BEKSI sebagai sebuah wacana dan wadah untuk menciptakan para generasi-generasi pesilat yang kaya ilmu, berdedikasi tinggi, loyal, dan ksatria serta berbudi luhur dan berakhlakul karimah.


No comments: