BERBAKTILAH ENGKAU KEPADA SESAMA INSAN
" Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan " Kunjungi Website kami di: www.silat-beksi.com

02 May 2012

Nilai Luhur Milad PPS BEKSI Ke 2


Acara Milad PPS BEKSI ke 2 yang diadakan pada tanggal 29 April 2012 bertempat di daerah Petukangan, Jakarta selatan.. pada kesempatan kali itu ada yang sedikit berbeda dari biasanya..pasalnya pada hari jadi PPS BEKSI yang ke 2 kali ini, rekan panitia berinisiatip mengundang para sahabat-sahabat dari Perguruan Pencak Silat BEKSI yang ada di seluruh jakarta, juga beberapa perguruan-perguruan pencak silat dari aliran lainnya yang ada di Jabodetabek dan sekitarnya.


Memang awalnya terasa sedikit percaya dan tidak percaya dalam mewujudkan keinginan dari rekan panitia dan beberapa anggota kepanitiaan yang telah ditunjuk secara resmi oleh pihak Perguruan Pencak Silat BEKSI. Hal tersebut agak sedikit merisaukan, karena keterbatasan waktu yang ada dan kesiapan para undangan yang nantinya akan hadir, dikhawatirkan telah mempunyai schedule acara tersendiri yang pastinya telah jauh-jauh direncanakan. Ide ini terus terang bergulir disaat persiapan demi persiapan dilangsungkan oleh pihak Panitia Milad PPS BEKSI di sela-sela beberapa rapat yang diadakan oleh pihak panitia, tercetuslah ide-ide tersebut, salah satunya adalah mengundang beberapa elemen dari Tokoh Persilatan BEKSI juga beberapa aliran lain dari Perguruan-Perguruan pencak silat yang ada di Jabodetabek.

Namun, sebagaimana falsafah kami... tak ada sesuatu yang tak mungkin kalau semuanya dikerjakan dengan terukur dan terarah serta dilandasi kerjasama team yang baik. Alhamdulillah, puji syukur seraya kami panjatkan ke hadirat Allah dalam kurun waktu 3 hari, panitia dengan dibantu beberapa anggota PPS BEKSI lainnya telah mampu mengirimkan undangan langsung ke 32 Perguruan-Perguruan Pencak Silat baik yang beraliran BEKSI ataupun dari perguruan-perguruan lainnya yang diluar aliran kami. Dan sungguh diluar perkiraan kami, dari kesemua undangan yang kami sampaikan... antusiasme para perguruan begitu besar untuk menghadiri acara Milad PPS BEKSI Ke 2 kali ini. Tak pelak lagi hal tersebut merupakan sebuah kebanggaan dan kehormatan bagi kami dari PPS BEKSI ketika mendapat respon positif dari para teman-teman dari sealiran maupun di luar aliran PPS BEKSI.

Pada saat Hari "H" nya, syukur Alhamdulillah..... hampir seluruh elemen perguruan pencak silat banyak yang datang ke lokasi acara, seraya menyampaikan ucapan selamat kepada PPS BEKSI yang sedang merayakan hari jadi ke 2 nya, moment yang berharga inipun dijadikan ajang silaturahmi antar sesama Perguruan-perguruan silat untuk saling bertukar informasi juga berbagi cerita dan pengalaman serta saling berkenalan antara satu perguruan dengan perguruan lainnya. Sungguh hal tersebut amat membuat kami, selaku panitia acara berbahagia sekali, karena acara Milad PPS BEKSI yang ke 2 ini bukan hanya menjadi ajang dan moment kami selaku tuan rumah acara untuk merayakan hari jadi dan sekaligus unjuk kebolehan, tapi selain itu yang utamanya adalah acara kami juga dapat bermanfaat bagi para sahabat-sahabat lainnya untuk bersilaturahmi dan berbagi kebolehan dan ajang bertukar informasi seputar dunia silat.

Pada kesempatan Milad PPS BEKSI Ke 2 ini pun, kami sempatkan waktu bagi para perguruan-perguruan pencak silat yang datang untuk unjuk kebolehan dari teknik dan jurus serta kembangan jurus dari perguruan-perguruan masing-masing. Hal tersebut bertujuan utamanya adalah untuk mengenal lebih dekat dan bersilaturahmi serta berinteraksi langsung dari sahabat-sahabat kami antara satu dengan yang lainnya. Hal demikian mendapat respon yang positif dari berbagai sahabat-sahabat dari perguruan-perguruan lainnya, dikarenakan... amat sangat sulit untuk saling berkunjung, dan beranjang sana ke masing-masing perguruan satu per satu, syukur Alhamdulillah... dalam acara ini bisa dapat bertemu dan bersilaturahmi langsung dengan masing-masing perguruan yang hadir dalam acara tersebut.

Besar harapan kami, Milad PPS BEKSI adalah satu dari wacana perwujudan nyata untuk terus berupaya secara langsung dalam melestarikan dan membudidayakan serta mengembangkan ilmu seni bela  diri silat sebagai suatu warisan yang sangat berharga yang di miliki oleh bangsa Indonesia. Selain itu pula, dalam kontek yang lebih luas...Acara Milad PPS BEKSI ini juga merupakan Bukti bahwasanya ilmu silat  adalah sebuah olahraga, yang hanya identik dengan generasi tua-tua saja, akan tetapi silat haruslah diupayakan dan dibina semenjak usia dini, yang nantinya akan dapat meneruskan tongkat estafet yang diwariskan oleh generasi-generasi tua kepada generasi muda bangsa Indonesia.

No comments: