BERBAKTILAH ENGKAU KEPADA SESAMA INSAN
" Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan " Kunjungi Website kami di: www.silat-beksi.com

10 May 2010

Antusias Warga Jakarta terhadap Kesenian

Warga Jakarta Antusias Nikmati Pagelaran 
Budaya Betawi
 
Untuk melestarikan budaya Betawi sebagai entitas budaya asli masyarakat Jakarta, Pemprov DKI bersama Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) menggelar kegiatan pagelaran budaya Betawi di lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat. Acara yang diisi dengan berbagai kesenian dan budaya khas Betawi ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat Jakarta. Bahkan, tak kurang sekitar puluhan ribu orang telah memadati lokasi acara itu sejak acara baru digelar.

Acara bertema "Kibar Budaya untuk Negeri, Cinte Betawi" itu sendiri diisi oleh empat ribu orang partisipan yang mempertunjukkan seni budaya Betawi, mulai dari tari-tarian, musik tradisional, dan pencak silat Betawi. Selain itu, acara juga semakin meriah dengan diadakannya jalan sehat yang diikuti sepuluh ribu peserta dari lima wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu.

Sekda DKI Jakarta Muhayat menyambut positif dengan kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan kegiatan yang mengusung tema cinta budaya Betawi menujukkan adanya perhatian terhadap kebudayaan Betawi. "Acara kali ini menujukkan adanya kepedulian terhadap budaya Betawi dan pelestariannya", ungkap Muhayat, Minggu (21/2).

Dikatakannya, acara yang memadukan unsur kesenian dan olahraga, di mana salah satu kegiatan yang dilakukan berupa jalan sehat dan diikuti oleh sepuluh ribu peserta, juga menunjukkan kepedulian warga Jakarta dalam menjaga kesehatan diri.

"Adanya jalan sehat yang melibatkan ribuan peserta menunjukkan kepedulian warga dalam menjaga kebugaran dan kesehatan. Acara ini dapat menjalin kebersamaan antara warga yang satu dengan yang lain," terangnya.

Arie Budhiman Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menilai, pertunjukkan pagelaran budaya Betawi yang digelar di Monas sangat bagus sebagai ajang promosi budaya. Namun menurutnya, harus lebih dipromosikan lagi dengan mengaktifkan lagi balai-balai budaya Betawi.

"Dengan mengaktifkan balai-balai budaya Betawi, kesenian seperti ini akan lebih sering mendapatkan kesempatan untuk tampil," tandasnya.

Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Tatang Hidayat mengatakan, apresiasi masyarakat dalam mendukung kesuksesan pagelaran budaya Betawi sangat dibutuhkan dan diharap ke depan masyarakat lebih mencintai budaya Betawi tersebut.

"Masyarakat harus tahu, kalau budaya Betawi sangat beragam. Karena itu, sebagai generasi muda kita harus mencintai kebudayaan ini agar tetap lestari," katanya.

Ketua Panitia Penyelangara Firmansyah mengungkapkan, dengan terselengaranya acara ini diharapkan menjadi program lanjutan, demi memperkenalkan lagi budaya Betawi kepada masyarakat sehingga keberadaannya tidak terlupakan. Sebab, selama ini banyak budaya Betawi yang tidak semuanya diketahui oleh masyarakat Betawi sendiri.

"Acara ini diharap menjadi sebuah program lanjutan untuk warga Jakarta," harapnya.
 
sumber berita: Berita Jakarta

No comments: